Menu Login
 
 
Username:
Username harus diisi!
Password:
Password harus diisi!
 

Sejarah Singkat Yayasan Yudhistira

 

 

1.   Latar Belakang
Penduduk merupakan aset daerah, karena merupakan subyek sekaligus obyek dari pembangunan. Oleh karenanya faktor penduduk berkompetensi untuk ditinjau sehubungan dengan pembangunan suatu daerah, demi terwujudnya pembangunannya. Namun begitu tingkat pendidikan penduduk di kota ini masih tergolong rendah. Sebagian besar penduduknya yang telah berusia di atas 40 tahun hanya mengenyam pendidikan Sekolah Dasar, sehingga untuk menggerakkan perekonomian rakyat perlu ditunjang dengan keterampilan. Untuk meningkatkan pembangunan saat ini lebih ditekankan pada generasi di bawah 40 tahun. Sekitar 10 % warga Subang berada di luar wilayah Kabupaten Subang untuk bersekolah dan bekerja. Kondisi ini memberikan kontribusi negatif terhadap Kota Subang sendiri, karena masyarakat Subang usia produkif lebih memilih meninggalkan kawasan Subang. Untuk itu, Kabupaten Subang perlu meningkatkan sumber daya manusianya dengan pembangunan sarana pendidikan dan pelayanan masyarakat.

2.   Kegiatan Yayasan Lembaga Pendidikan Yudhistira
Universitas Mandiri didirikan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Yudhistira sebagai pengembangan dari STMIK dan STKIP yang sudah berdiri sejak 1999 di Subang. Sejak didirikan pada tanggal 6 Januari 1996 Yayasan Lembaga Pendidikan Yudhistira telah mendirikan lembaga – lembaga pendidikan, baik di tingkat dasar, menengah dan tinggi, yang tersebar di beberapa daerah di Jawa Barat, seperti Bandung, Sumedang, dan Subang. Di tingkat dasar, yayasan ini mendirikan  TK-TPA Aisyah Sumedang, TK-TPA Widya Insani. Pada tingkat pendidikan menengah Yayasan Yudhistira mendirikan sekolah-sekolah setara SMU seperti SMK/STM Bandung Selatan 1, SMK/SMEA Bandung Selatan 2, SMP, SMA “Plus” Pariwisata Bandung, SMK/STM Yudhistira Perkasa 1, SMK/SMEA Yudhistira Perkasa 2, SMP-SMA Plus Pariwisata Yudhistira, STM Penerbangan Dirgantara/SMK Bandung Utara (Petang). Yayasan Yudhistira juga telah mendirikan empat lembaga pendidikan tinggi, yaitu STKIP Subang, STMIK Subang, STIE Kridatama Bandung, Politeknik Kridatama Bandung, LPK Kridatama Bandung, PKBM Kridatama Bandung. 
Dalam pengembangan program-program pengembangan pendidikan, Yayasan Yudhistira selalu mengacu pada 4 tema pokok Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Depdikbud), yakni:

1.   Perluasan dan Pemerataan Pendidikan.
2.   Relevansi Pendidikan
3.   Peningkatan Mutu Pendidikan dan
4.   Peningkatan Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Pendidikan.

Sesuai dengan tema-tema pokok tersebut pembangunan sekolah yang dilakukan oleh Yayasan Yudhistira tersebar di berbagai daerah, salah satunya di Kabupaten Subang, tidak hanya terkonsentrasi di satu wilayah saja. Lokasi yang tersebar tersebut memungkinkan terjangkaunya sarana pendidikan untuk masyarakat, terutama di area-area yang memang membutuhkannya.
Mutu pendidikan yang dikembangkan oleh Yayasan Yudhistira terus ditingkatkan, baik perangkat lunaknya (program, kurikulum, dan kualitas pengajar) maupun perangkat kerasnya (sarana pendidikan dan pendukungnya). Kondisi persaingan pekerjaan yang semakin ketat dan mengglobal menyebabkan semakin tingginya kebutuhan terhadap pendidikan berkualitas tinggi, tepat guna, dan tepat sasaran. Pembangunan Universitas Mandiri dirancang untuk menjawab kebutuhan tersebut.

3.   Universitas Mandiri

Universitas Mandiri di Kabupaten Subang yang akan didirikan oleh Yayasan Yudhistira merupakan pengembangan dari STMIK (Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer) dan STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Subang. STMIK didirikan pada tanggal 12 Juli 1999 dengan SK DEPDIKNAS : No.130/D/O/1999, TERAKREDITASI, BAN.PT. Sedangkan STKIP didirikan pada tanggal 13 Juli 1999 dengan SK DEPDIKNAS : No.114/D/O/1999, TERAKREDITASI, BAN.PT.